Katup Jantung Manusia

 

Fungsi Katub Jantung
fungsi katup jantung manusia

Secara garis besar katup jantung manusia terbagi menjadi dua (2) bagian. Pertama, katub jantung yang menghubungkan antara atrium dengan ventrikel. Katub ini dinamakan katub atrioventrikuler. Bagian kedua, katub yang menghubungkan sirkulasi pulmonal dan sirkulasi sistemik. Katub kedua ini dinamakan dengan katub semilunar.
(Lihat gambar jantung di bawah ini)
katup jantung manusia
Bagian katup pertama (Katup Atrioventrikula) terdiri dari 2 bagian yaitu: katup trikuspid dan katup mitral. Katup trikuspid menghubungkan antara atrium kanan dengan ventrikel kanan. Adapaun katup mitral yang juga dikenal dengan nama katup bicuspid menghubungkan atrium kiri dengan ventrikel kiri.

Sedangkan bagian katup kedua (katup semilunar) juga terdiri dari 2 bagian, yaitu: katup pulmonal dan katup aorta. Katup pulmonal menghubungkan antara ventrikel kanan dengan pulmonal trunk. Adapun katup aorta menghubungkan ventrikel kiri dengan asendence aorta.

Fungsi katup jantung adalah untuk memastikan bahwa darah mengalir dengan bebas dan aman ke satu arah aliran mencegah aliran darah balik. Inilah yang akan selalu dipertahankan oleh jantung yang normal. Apabila terjadi ketidaknormalan pada katup jantung sehingga menyebabkan terjadinya perembesan maka inilah yang sering disebut dengan penyakit jantung bocor.

Untuk pembahasan akan penyakit jantung bocor akibat katup jantung tidak normal dan  terjadi perembesan atau kebocoran akan kita bahas pada artikel-artikel berikutnya. Silahkan Anda ikuti terus pembahasan-pembahasan kami seputar penyakit jantung terutama penyakit jantung koroner dan yang lainnya.

Itulah sedikit pembahasan kita tentan katup jantung manusia dan fungsi katup jantung dalam menjaga aliran darah yang searah dan aman.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
www.penyakitjantungkoroner.net
Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI